21 November 2009

SKL UNAS IPA SMP 2010

Standar Kompetensi Lulusan IPA SMP UNAS 2010 adalah:

IPA Fisika dan Biologi SMP/MTs :

1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti menggunakan alat ukur yang sesuai :
Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
Membaca alat ukur.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya :
Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis.
Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian.
Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor (Q = m.c.T)

3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) :
Membedakan jenis gerak lurus.
Mengidentifikasi gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan variabel dari rumus tekanan.
Menyebutkan perubahan energi dalam suatu alat sehari-hari.
Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi.
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana (pengungkit, tuas, bidang miring).

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik :
Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta manfaatnya.
Menentukan besaran fisika jike benda berada di depan cermin atau lensa.
Menentukan besaran pada alat optik dan kegunaannya sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan :
Menjelaskan gejala listrik statis.
Menentukan jenis muatan listrik.
Menentukan besar energi dan daya listrik.
Menjelaskan cara pembuatan magnet.
Menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan dari elektromagnetik.

6. Memahami sistem tata surya dan proses di dalamnya :
Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.

7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman mahluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar mahluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian mahluk hidup dalam kehidupan :
Mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup.
Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan mahluk hidup.
Menjelaskan interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan mahluk hidup.
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.

8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/ organ-organ pada tumbuhan dan manusia :
Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.
Menjelaskan proses sistem ekskresi (ginjal).
Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan fotosintesis.

9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan
Menjelaskan konsep perilaku mahluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat dan meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme beserta contohnya.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
Mendeskripsikan pengaruh zat aditif/ psikotropika pada tubuh manusia

Maka dari itu, belajar yang rain ya???

SKL UNAS MATEMATIKA SMP 2010

1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmatika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
-.Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
-. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
-.Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
-.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
2. Memahami bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

-.Mengalikan bentuk aljabar
-.Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
-.Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
-.Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
-.Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
-.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
-.Menentukan gradien,persamaan garis dan grafiknya
-.Menentukan penyelesaian sistem persamaan dua variabel
3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar dan sudut, serta manggunakannya dalam pemecahan masalah
-. Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema phytagoras
-. Menghitung luas bangun datar
-. Menghitung keliling bangun datar dan menggunakan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
-.Menghitung besar sudut yang berbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
-.Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
-. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
-. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
-. Menentukan unsur-unsur bangun ruang/sisi datar
-. Menentukan jaring-jaring bangun ruang
-. Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
-. Menghitung luas permukaan bangu ruang sisi datar dan sisi lengkung

4. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan sehari-hari
-. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari
-. Menyajikan dan menafsirkan data